Struktur Kode HTML Lengkap dengan Penjelasannya

TukaNgoding – Bagi sobat yang ingin belajar HTML penting sekali untuk mengenal dan memahami lebih dahulu struktur kodenya, karena ada yang bilang ‘tak kenal maka tak sayang’ hehe,.. . Untuk itu sebagai tahap awal untuk mulai belajar HTML TukaNgoding akan mengenalkan kepada sobat mengenai Struktur Kode HTML Lengkap dengan Penjelasannya.


Struktur Kode HTML

Berikut adalah struktur dasar dari kode HTML, silahkan sobat coba menggunakan Text Editor kesayangan sobat, copy paste atau tulis manual supaya terbiasa dan pahami kode-kodenya, simpan dengan nama struktur_kode.html.
<!DOCTYPE html><html> <head>   <title>Judul Halaman</title> </head> <body>   Isi Halaman disini... </body></html>

Penjelasan

<!DOCTYPE html> : deklarasi untuk tipe dari dokumen yang kita buat yaitu html, ini akan memudahkan browser dalam menampilkan isi dari dokumen secara benar. Ada banyak tipe dokumen dalam dunia web, jadi agar browser dapat menampilkan dokumen dengan benar, browser harus mengetahui tipe dari dokumennya.

<html> : sebagai tag awal dari pembuatan kode HTML


<head> : tag HTML yang akan menyediakan informasi mengenai dokumen

<title> : tag HTML yang akan menampilkan judul dari halaman pada browser ketika file dibuka

<body> : tag HTML yang berisi halaman konten yang akan ditampilkan pada browser ketika file di buka

Jika sobat masih belum paham dengan penjelasannya sobat bisa coba sendiri dengan membuka file html yang tadi sobat buat dengan nama struktur_kode.html menggunakan browser kesayangan sobat, hasilnya kurang lebih seperti berikut :

Struktur Kode HTML

Struktur Kode HTML

Catatan :Penulisan kode HTML harus berada di dalam ‘< … >‘ sebagai tempat menulis tag-tagnya dan diakhiri dengan ‘</ … > , meskipun ada beberapa tag HTML yang tidak memerlukan tag penutup seperti <hr/> dan <br/>.  Untuk penjelasan mengenai tag-tag HTML akan kita bahas pada postingan selanjutnya.

Itulah informasi mengenai Struktur Kode HTML Lengkap dengan Penjelasannya, silahkan sobat praktekan apa yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat bagi kita semua, salam TukaNgoding !

Komentar