10 Tips untuk Mempercepat Loading Blogspot dengan Mudah

10 Tips untuk Mempercepat Loading Blogspot dengan Mudah

10 Tips untuk Mempercepat Loading Blogspot dengan Mudah. Loading blog yang lambat akan mengakibatkan rasa ketidaknyamanan pembaca.  Oleh karena itu, kecepatan suatu website menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi posisi suatu website pada halaman pencarian seperti Google.

Tidak sedikit blogger yang lebih mementingkan tampilan blog mereka, daripada mempercepat kecepatan blognya. Itu akan menjadi kerugian karena selain pengunjung tidak menyukainya, halamannya pun akan sulit muncul di posisi teratas Google.

Padahal jika suatu blog memiliki kecepatan loading yang ringan, itu akan membuat blog tersebut akan lebih mudah untuk mencapai posisi terbaik pada halaman pencarian.

Ada banyak faktor yang membuat loading blog menjadi lambat. Contohnya seperti pemakaian gambar eksternal, javascript dan css eksternal, dan pemakaian widget yang berlebihan.

Itu semua disababkan karena ketidaktahuan blogger yang mungkin belum menyadari bahwa blog miliknya itu sangat berat untuk di akses. Atau mungkin karena mereka belum tahu bagaimana cara yang paling ampuh untuk mengatasi ini.

Cara Test Kecepatan Loading Website

Jika kamu ingin mengetahui seberapa cepat website kamu saat di load, saya akan menyarankan 2 tool online yang sering saya gunakan yaitu GTMetrix dan PageSpeed Insights.

Tool online tersebut menggunakan sistem penilaian yang akan memberikan kamu peringatan jika ada masalah yang menyebabkan loading website kamu menjadi berat.

Cara Mudah untuk Meringankan Loading Blogspot

Lakukan tips-tips berikut ini untuk mempercepat loading halaman blog kamu.

1. Gunakan CSS dan Javascript yang Sudah Di Minifikasi

Jika anda menggunakan css maupun javascript eksternal (misalnya: jquery), gunakanlah versi yang sudah dikompress atau sudah diminifikasi.

File css atau javascript yang sudah di kompres biasanya terdapat .min pada nama filenya.

Contoh
CSS: bootstrap.min.css
Javascript: bootstrap.min.js

Terdapat kata .min yang berarti file tersebut telah diminifikasi.

Tool Online untuk meminifikasi file CSS atau Javascript

Jika kamu ingin meminifikasi file css atau javascript, kamu bisa gunakan tool online yang bernama freeformatter.com.

2. Compress Seluruh Gambar

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah mengkompres setiap gambar.

Ya.. ini harus.

Mengapa? karena gambar yang kita gunakan pada setiap postingan blog kita itu bisa berukuran besar, akan jelek jika gambar tersebut sudah diukuran 1MB keatas.

Itu jelas akan memperlambat loading blog kita. Apalagi kalau gambarnya tidak kita upload dari blognya, melainkan dengan url eksternal (bukan diserver google).

Tool online untuk mengkompres gambar

Untuk mengkompress gambar saya sarankan untuk menggunakan Kraken.io.

Kraken.io akan memperkecil ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut.

3. Hindari Penggunaan Gambar Pada Background

Kebanyakan dari blogger pemula melakukan hal ini dengan tujuan untuk mempercantik blognya.

Padahal setelah kalian baca pada poin nomor 2 diatas. Tentu penggunaan gambar ini akan memperlambat loading blog.

Jadi jika memang gambarnya tidak terlalu penting, sebaiknya dihapus saja. Dengan begitu blog kamu akan lebih cepat dibuka dan akan mendapat posisi yang lebih baik di mesin pencarian.

4. Cukup Pasang Widget Seperlunya

Widget memang sudah disediakan di blogger, hal ini bertujuan untuk memfasilitasi blog kamu agar blog kamu lebih keren. Tapi perlu kamu ketahui, memasang widget pada blog kamu itu bakal berpengaruh juga pada loading kecepatan blog.

Semakin banyak widget, bakal semakin lama pula browser kamu untuk memproses kode widget yang ada pada blog kamu.

Sebaiknya hapus saja widget yang tidak terlalu penting untuk blog kamu. Cukup pasang seperlunya saja, yang menurut kamu memang penting.

5. Pasang Iklan Jangan Terlalu Banyak

Memasang banyak iklan memang akan menguntungkan. Tapi jika terlalu banyak akan memperlambat blog juga. Dan selain memperlambat, kadang ada juga pengunjung yang tidak suka pada blog yang terlalu banyak iklan.

Jadi saya sarankan pasanglah iklan pada tempat yang pas, dan jangan pasang terlalu banyak. Itu demi memaksimalkan kecepatan loading blog kita dan kenyamanan pembaca.

6. Letakan Kode Javascript Sebelum Penutup Body

Agar loading blog lebih cepat, kode javascript yang eksternal maupun internal jangan semuanya diletakan di dalam tag head.

Saya sarankan yang internal javascript untuk diletakan sebelum tag penutup body. Dan jangan lupa untuk menulis kode javascript dengan format blogger, agar tidak ada perubahan pada kode.

Berikut ini adalah cara penulisan kode javascript dengan format blogger.

<script type="text/javascript">//<![CDATA// Letakan kode javascriptnya disini//]]></script>

7. Gunakan LazyLoad untuk Gambar

Untuk penggunaan lazyload gambar saya sarankan menggunakan lazysizes.js.

Fungsi dari lazyload ini adalah untuk menunda pemuatan gambar sampai webnya telah selesai di load.

Untuk cara penggunaannya mudah, kamu bisa baca pada repository githubnya disini LazySizes.

8. Gunakan LazyLoad untuk Adsense

Sama halnya seperti lazyload gambar, yaitu menunda pemuatan gambar. Bedanya lazyload kali ini untuk adsense.

Jika kamu sudah memasang iklan Google Adsense pada blog kamu. Pasti akan sedikit mengurangi kecepatan webnya jika dicek pada situs test kecepatan online.

Untuk kode lazyload Adsense ini sebenarnya saya tidak membuatnya sendiri, kode ini saya dapatkan dari blog arlinadesign.

<script type="text/javascript">//<![CDATA[// Lazy Load AdSensevar lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);//]]></script>

Setelah memasang lazyload adsense silahkan hapus kode script eksternal Adsense yang seperti ini :

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Cara kerja lazyload Adsense ini mudah, ketika kita scroll halaman blog kita, maka saat itulah script Adsense akan dimuat. Mudahnya script iklan Google Adsense ini tidak akan di load sebelum kita menggulir halaman blog.

9. Hapus Bundle Bawaan Blogger

Tujuan dari penghapusan bundle bawaan blogger ini adalah untuk tidak menggunakan css dan javascript bawaan blogger lagi.

Ini akan mempercepat loading blog kamu.

Berikut ini adalah cara untuk menghapus bundle bawaan blogger.

Tapi hati-hati salah langkah! jika terjadi akan berakibat buruk pada template blog anda. Jadi sebelum menerapkan cara berikut ini silahkan backup dulu template kamu.

  1. Pertama, Ganti kode <head> menjadi &lt;head&gt;
  2. Selanjutnya ganti kode </head> dengan kode berikut ini.

    &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;
  3. Terakhir, ganti kode </body> dengan kode berikut ini.
    &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

10. Optimasi Pada GTMetrix atau PageSpeed Insight

Tips yang terakhir adalah untuk penyempurnaan, setelah tips-tips sebelumnya dilakasanakan silahkan dicek kecepatan blog kamu pada GTMetrix atau Pagespeed Insights.

Biasanya ada 2 hal yang saya perbaiki setelah menganalisa blog saya pada tool online, yaitu Add Expires Headers dan Reduce DNS Lookup. Keduanya bisa diatasi dengan cara menambahkan Expires Headers dan menambahkan DNS Prefetch.

Add Expires Headers

Dengan Expire Header kita bisa mempercepat loading blog kita, karena kita hanya perlu me-request file yang sudah disimpan pada cache browser kita.

Berikut ini adalah kode untuk menambahkan expires headers, silahkan kamu letakan didalam tag <head>.

<include expiration='7d' path="*.css"/><include expiration='7d' path="*.js"/><include expiration='3d' path="*.gif"/><include expiration='3d' path="*.jpeg"/><include expiration='3d' path="*.jpg"/><include expiration='3d' path="*.png"/><meta http-equiv="expires" content="sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT"/>

Reduce DNS Lookup

Maksudnya yaitu kita disarankan untuk mengurangi permintaan yang terlalu banyak untuk domain yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah kode untuk mengatasi Reduce DNS Lookup, silahkan kamu letakan didalam tag <head>.

<link href="https://ALAMAT_BLOG_KAMU" rel="dns-prefetch"/><link href="https://ajax.googleapis.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://1.bp.blogspot.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://2.bp.blogspot.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://3.bp.blogspot.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://4.bp.blogspot.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://pagead2.googlesyndication.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://resources.blogblog.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://fonts.googleapis.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://adservice.google.ca" rel="dns-prefetch"/><link href="https://adservice.google.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://www.google-analytics.com" rel="dns-prefetch"/><link href="https://googleads.g.doubleclick.net" rel="dns-prefetch"/>

Silahkan ganti ALAMAT_BLOG_KAMU dengan alamat blog kamu. contoh blog.arfan.id.

Ya begitulah cara untuk mempercepat loading halaman blog. Mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat. Jika ada yang ingin kamu tanyakan silahkan, langsung saja tanyakan di kolom komentar.

Nantikan artikel terbaru dari blog ini. Anda bisa mendapatkan notifikasi artikel terbaru dengan cara mengikuti blog ini. Dan jika artikel ini bermanfaat silahkan dishare ke teman-teman kamu. Terima Kasih.

Komentar