7 Kesalahan Umum pada Blog yang Mengakibatkan ditolak Adsense

7 Kesalahan Umum pada Blog yang Mengakibatkan ditolak Adsense

Mempunyai Adsense adalah salah satu rezeki yang kita dapatkan. Adsense menjadi salah satu tujan dan impian bagi para blogger pemula. Adsense dapat memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan penghasilan dari iklan.

Tetapi tahukah kamu, mendapatkan akun adsense itu ternyata tidak mudah. Ada satu tahapan yang menentukan apakah kita layak mendapatkan akun Adsense atau tidak yaitu dengan cara peninjauan situs. Pada tahap ini, suatu blog atau situs akan ditinjau.

Maksudnya, Adsense akan memeriksa terlebih dahulu dalam beberapa alasan contohnya, apakah situs ini bisa diajak kerjasama? apakah situs ini ramai? apakah situs ini masih aktif? dan masih banyak hal lagi yang harus dipertimbangkan Adsense sebelum, mereka menyetujui permintaan anda.

Oke, kali ini saya akan berbagi dari pengalaman saya sendiri tentang, apa saja kesalahan-kesalahan yang bisa membuat blog saya itu ditolak oleh Adsense. Dan tentu saja saya akan berikan cara mengatasinya juga.

Kesalahan pada blog saat masa peninjauan situs oleh Adsense

Ada beberapa penyebab yang membuat blog ditolak Google Adsense. Berikut ini, diantaranya :

1. Broken link

Yang pertama adalah broken link. Ini adalah masalah yang paling sering saya alami dulu. Pada blog saya saat itu masih terdapat link atau tag <a> yang menuju ke halaman yang tidak ada (404 tidak ditemukan), atau linknya masih kosong (contoh : '#' atau 'javascript:void(0)').

Jadi saya sarankan, isilah semua link pada tag <a> dengan benar. Tetapi jika memang link tersebut tidak diperlukan, misalanya karena ada fungsi javascript, itu tidak akan menjadi masalah.

2. Konten pada blog anda tidak sesuai dengan kebijakan Google Adsense

Permintaan Adsense anda akan ditolak apabila anda membuat konten terlarang.
Baca selengkapnya Konten Terlarang.

Daftar konten terlarang antara lain adalah konten khusus dewasa, tema yang berbahaya atau menghina, narkoba, minuman beralkohol, terkait perjudian, terkait hacking dan cracking, menyesatkan, mengerikan, terkait senjata, pelanggaran hukum, dan konten ilegal seperti software/barang.

3. Template yang anda gunakan kurang baik

Jika anda ingin mendaftarkan blog anda ke Google Adsense, pastikan website anda sudah layak dari segi tampilan dan kinerjanya.

Navigasi blog harus sudah rapih dan terogranisir. Kembali lagi ke poin 1, yaitu tidak boleh ada link yang rusak (Broken Link) pada navigasi. Usahakan optimasi kecepatan website anda, agar website atau blog anda tidak berat dan lama saat dibuka.

Template yang Seo Friendly tentu saja punya nilai plus dari mesin pencari, template yang seo friendly bisa juga jadi bahan pertimbangan dalam kategori Template.

Hal penting lainnya pada template ialah Responsive. Coba anda pikirkan, jika template anda tidak responsive dan acak-acakan, apakah Adsense mau menerima blog anda?

4. Artikel hasil salinan atau masih terlalu sedikit

Jika artikel yang anda buat hasil curian, hasil spin, atau masih terlalu sedikit. Tentu tidak akan mudah diterima Adsense.

Buatlah minimal 5 artikel original karya anda sendiri, dan usahakan tidak terlalu pendek (setidaknya lebih dari 300 kata).

5. Belum didaftarkan ke webmaster Google

Jika anda belum mendaftarkan ke Google Webmaster, silahkan submit dulu URL blog anda beserta sitemapnya, sebelum mendaftar ke Adsense.

6. Blog anda masih baru atau belum cukup umur

Blog yang masih baru akan sulit diterima karena belum dikenali oleh mesin pencari dan belum mempunyai pengunjung tetap.

Setelah umur blog minimal sudah berusia 6 bulan sejak di submit ke Webmaster, barulah anda dapat daftarkan blog anda ke Adsense.

7. Menggunakan domain yang sudah dibanned Adsense

Kalau faktor-faktor diatas sudah diatasi namun masih belum berhasil, ada satu kemungkinan yaitu domain anda sudah di banned sebelum anda gunakan.

Saya pernah mengalami ini, saya menyewa domain TLD .com setelah saya diterima Adsense, tetapi iklannya tidak pernah muncul. Saat saya coba menggunakan domain bawaan blogspot, iklannya muncul seperti biasa. Dari situlah saya meyakini bahwa domain yang saya sewa, sebelumnya sudah dipakai orang dan dibanned oleh Adsense.

Akhir kata

Itulah beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh Blogger sehingga menyebabkan blognya ditolak Adsense, ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Cobalah anda perhatikan lagi blog anda, apakah sudah tidak ada masalah. Baru anda coba lagi untuk mendaftarkan blog anda ke Google Adsense.

Sekian untuk artikel kali ini. Jikalau ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar pada kolom yang sudah disediakan, semoga bermanfaat.

Komentar