Penjelasan Database, DBMS, SQL - Alam Koding

Penjelasan Database, DBMS, SQL

Halo teman-teman, kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan memberikan penjelasan sedikit tentang Database, SQL dan MySQL.

Sebelum teman-teman mencoba membuat program CRUD(Create, Read, Update & Delete) tentu teman-teman harus memahami dulu tentang database dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu Database?

Basis data atau database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik. Dimana informasi-informasi tersebut nantinya bisa diperiksa menggunakan program atau aplikasi komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut.

Konsep Dasar Database

Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya, yang diwujudkan dalam bentuk angga, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya.

Base dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang (berkumpul).

Database adalah himpunan kelompok data/ kumpulan data yang saling berhubungan secara logis dan deskripsinya, yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi organisasi.

Prinsip dan Tujuan Database

Prinsip utama dari database adalah pengaturan data. Tujuan utamanya adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan data.

Sifat Database adalah pengaturan, pemilahan, pengelompokkan, pengorganisasian data yang akan kita simpan sesuai fungsi/jenisnya. Pengorganisasian data tersebut dapat dalam bentuk tabel terpisah atau dalam bentuk pendefinisian kolom (field) data dalam setiap tabel.

Database Management System (DBMS)

DBMS adalah perangkat lunak yang memungkinkan pemakai untuk mendefinisikan, mengelola, dan mengontrol akses ke basis data. DBMS yang mengelola basis data relational disebut dengan Relational DBMS (RDBMS).

Contoh DBMS

MySQL

Sebenaranya ada banyak ya contoh DBMS yang bisa kita gunakan, tapi kali ini saya hanya akan membahas satu saja yang paling terkenal dan umum yaitu MySQL. MySql adalah DBMS yang bisa kita gunakan dengan gratis. Pada saat ini MySQL adalah DBMS yang paling terkenal didunia.

MySQL adalah sistem manajemen basis data yang relasional (RDBMS) dengan client-server. MySQL ini termasuk Open Source ya teman-teman.

… maksudnya apa?

baiklah saya akan beri penjelasan sedikit, jadi… jika software sudah dikatakan open source, maka kita bebas untuk menginstall, menggunakan, sampai memodifikasinya.

SQL

oke temen-temen sekarang sudah tahu apa itu MySQL, tapi sebenarnya apa sih arti SQL? SQL adalah singkatan dari Structured Query Language itu artinya kita berkomunikasi dengan database server menggunakan bahasa query terstruktur.

Selain Mysql ada postgreSQL juga yang menggunakan SQL, untuk berkomunikasi dengan databasenya.

Akhir kata…

Baiklah cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, singkat sekali ya!?, tapi semoga yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman codingers ya. Silahkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Oh ya, selain saya update di artikel di blog ini saya juga rencananya akan update konten berbentuk video di Youtube, jadi silahkan mampir ke channel Arfan ID dan mohon di subscribe ya. Terima Kasih banyak untuk teman-teman yang sudah support saya.

Komentar