Cara Membuat Kode Otomatis Berdasarkan Tanggal dengan PHP MySQLi

Cara Membuat Kode Otomatis Berdasarkan Tanggal dengan PHP MySQLi

Membuat kode otomatis berdasarkan tanggal dengan PHP MySQLi. Halo teman-teman koding, selamat datang kembali. Kali ini saya akan melanjutkan tutorial pada tutorial sebelumnya yakni membuat kode otomatis dengan PHP MySQLi.

Apa maksud dari kode otomatis berdasarkan tabel? singkatnya, kode ini akan mengembalikan nomor urutnya menjadi ke-1 lagi, setiap waktu yang ditentukan, bisa perhari, perbulan, maupun pertahun. Pada tutorial kali ini saya tidak akan mencontohkan semuanya, saya hanya akan membuatkan satu saja yaitu yang reset perhari saja. Karena jika teman-teman paham yang teknik yang satu ini, otomatis ke cara yang lainnya itu, tidak akan sulit untuk memahaminya.

Langsung saja disini saya akan menggunakan kembali database yang sebelumnya sudah kita buat yaitu db_latihan. Dan sekarang saya akan membuat tabel baru untuk contoh yaitu tb_transaksi.

Untuk contoh, struktur tablenya adalah seperti ini.

Struktur

SQL untuk membuat table tb_transaksi, kalian bisa menggunakan perintah berikut ini.

CREATE TABLE tb_transaksi(    id_transaksi char(12) PRIMARY KEY NOT NULL,    nama_barang varchar(30) NOT NULL);

Contoh Script

berikut ini adalah contoh untuk membuat kode otomatis berdasarkan tanggal dengan PHP MySQLi, dan sudah diberi penjalasan setiap perintahnya.

<php// Menghubungkan ke database$conn = mysqli_connect('localhost', 'root', '', 'db_latihan');// Cek Koneksiif (!$conn) {    echo "Gagal terhubung ke database!";    die;}// Memanggil tanggal hari ini dengan format tahunbulantanggal masing-masing 2 digit contoh 190701$today = date('ymd');$char="TR" . $today;// Mencari data (id) yang paling besar (terakhir) berdasarkan hari ini dari database$query = mysqli_query($conn, "SELECT max(id_transaksi) as max_id FROM tb_transaksi WHERE id_transaksi LIKE '{$char}%' ORDER BY id_transaksi DESC LIMIT 1");$data = mysqli_fetch_assoc($query);// Sudah dapat nih gan$getId = $data['max_id'];// Oke sekarang kita ambil bagian angkanya 4 digit terakhir$no = substr($getId, -4, 4);// Contoh kodenya 'TR1910310001'// Setelah diambli 4 digit terakhir, hasilnya menjadi '0001'// Selanjutnya kita convert ke tipe data Integer agar bisa di Increment (ditambah)$no = (int) $no;// Ditambah 1$no += 1;/** * Atau bisa gunakan cara ini  * $no++; * $no = $no + 1; * bebas ya, silahkan pilih sesuai selera :v */// Oke next kita bakal generate kode otomatisnya// perintah sprintf("%04s", $no); digunakan untuk memformat string sebanyak 4 karakter// misal sprintf("%04s", 2); maka akan dihasilkan '0002'// atau misal sprintf("%04s", 1); maka akan dihasilkan string '0001'$newId = $char . sprintf("%04s", $no);// tampilkan kode otomatisecho $newId;

Hasil outputnya akan terlihat seperti ini.

Output

Akhir Kata

Cukup mudah bukan? atau masih bingung? silahkan beri komentar saja pada kolom komentar yang sudah disediakan.
Demikianlah artikel tentang membuat kode otomatis berdasarkan tanggal dengan PHP. Sekian, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Komentar