Cara Membuat Kode Otomatis dengan PHP MySQLi

Cara Membuat Kode Otomatis Dengan PHP MySQLi

Membuat kode otomatis dengan PHP MySQLi. Halo teman-teman, kembali lagi dengan saya di blog ini. Kali ini saya akan membuat kode otomatis dengan menggunakan codeigniter.

Kode otomatis sangatlah berguna dalam kumpulan data yang disimpan disetiap recordnya, dan kode tersebut akan men-generate, berubah atau bertambah secara otomatis.

Contoh Database dan Table

Sebagai contoh saya menggunakan database db_latihan dan table tb_barang.

structure tb_barang

SQL untuk membuat table tb_barang, kalian bisa menggunakan perintah berikut ini.

CREATE TABLE tb_barang(kode_barang char(5) PRIMARY KEY NOT NULL,nama_barang char(30) NOT NULL);

Cara Membuat Kode Otomatis dengan PHP

Setelah membuat database dan tablenya, sekarang kita mulai ngodingnya

  1. Silahkan buat folder latihan didalam htdocs (jika menggunakan xampp) dan didalam folder tersebut, buat file baru dengan nama index.php.
  2. Kemudian ketikkan script berikut ini pada file index.php.
  3. <?php// Menghubungkan ke database$conn = mysqli_connect('localhost', 'root', '', 'db_latihan');// Cek Koneksiif (!$conn) {    echo "Gagal terhubung ke database!";    die;}// Mencari data (kode) yang paling besar (terakhir) dari database$query = mysqli_query($conn, "SELECT max(kode_barang) as max_kode FROM tb_barang");$data = mysqli_fetch_array($query);// Sudah dapat nih gan$kodeBrg = $data['max_kode'];// Oke sekarang kita ambil bagian angkanya saja dan membuang string yang ada diawal$no = substr($kodeBrg, 1, 4);// Contoh kodenya 'B0001'// Setelah dibuang string 'B', hasilnya menjadi '0001'// maksud substr diatas adalah mengambil 4 katakter dimulai dari index ke 1 (karakter ke-2)// Selanjutnya kita convert ke tipe data Integer agar bisa di Increment (ditambah)$no = (int) $no;// Ditambah 1$no += 1;/** * Atau bisa gunakan cara ini  * $no++; * $no = $no + 1; * bebas ya, silahkan pilih sesuai selera :v *///  Oke next kita bakal generate kode otomatisnya$str="B";// perintah sprintf("%04s", $no); digunakan untuk memformat string sebanyak 4 karakter// misal sprintf("%04s", 2); maka akan dihasilkan '0002'// atau misal sprintf("%04s", 1); maka akan dihasilkan string '0001'$newKode = $str . sprintf("%04s", $no);// tampilkan kode otomatisecho $newKode;
  4. Jika sudah, silahkan save. Lalu buka localhost/latihan pada browser favorit kalian.

Selesai… Jika berhasil maka hasil outputnya akan seperti ini.

output

Akhir Kata..

Cukup mudah bukan? atau masih bingung? silahkan beri komentar saja pada kolom komentar yang sudah disediakan.
Demikianlah artikel tentang membuat kode otomatis dengan PHP. Sekian, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Komentar