Cara Mengganti Nama Blog yang Tepat Agar tidak Kehilangan Visitor

Cara Mengganti Nama Blog yang Tepat Agar tidak Kehilangan Visitor

Hai sobat blogger, kembali lagi dengan saya. Kali ini saya akan membuatkan tutorial tentang bagaimana Cara Mengganti Nama atau Judul Blog dengan Tepat Agar tidak kehilangan banyak visitor.

Oke sebelum dimulai tutorialnya, mungkin sobat pernah punya keinginan untuk mengganti nama blog menjadi lebih mudah diingat dan keren, tetapi tidak dapat direalisasikan karena takut nanti akan berakibat kehilangan visitor.

Nah kali ini saya akan beritahukan solusinya kepada sobat. Mudah sekali, caranya kita akan membuat fungsi redirect dari blog lama ke blog baru. Dan tentu saja tidak akan kehilangan banyak visitor.

Perlu sobat pahami, disini kita tidak akan menghapus blognya, yang akan kita lakukan hanyalah mengubah namanya saja.

 

Cara Mengganti Nama Blog

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan ganti dulu alamat blog dan nama blog utama milik sobat menjadi alamat dan nama blog yang baru.
  2. Contoh:

    Nama Blog Lama : Blog Lama

    Alamat Blog Lama : bloglama.blogspot.com

    diganti menjadi

    Nama Blog Baru : Blog Baru

    Alamat Blog Baru : blogbaru.blogspot.com

  3. Silahkan buat blog baru, dengan menggunakan alamat blog yang lama. Untuk namanya tidak terlalu penting (tapi harus diisi).
  4. Jika sudah, silahkan buka template editor pada blog baru yang menggunakan alamat blog lama (bloglama.blogspot.com atau yang belum ada postingannya).
  5. Jika sudah dibuka, selanjutnya silahkan hapus semua kode templatenya, lalu ganti dengan script berikut ini.
  6. <?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?><!DOCTYPE html><html b:css="false" b:defaultwidgetversion='2' b:layoutsVersion='3' b:responsive="true" b:templateUrl="indie.xml" b:templateVersion='1.3.0' expr:dir="data:blog.languageDirection" xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data="http://www.google.com/2005/gml/data" xmlns:expr="http://www.google.com/2005/gml/expr">  <head>    <title>Mengalihkan ke blog baru</title>  </head>    <b:skin><![CDATA[]]></b:skin>  <body>    <script type="text/javascript">      //<![CDATA[      location.href="https://www.alamkoding.web.id/2019/10/https://alamkoding.blogspot.com" + window.location.pathname + window.location.search;      //]]>    </script>    <b:section class="main" id='page_body' name="Page Body"/>  </body></html>

    Kemudian ganti alamkoding.blogspot.com dengan alamat blog baru milik sobat.

    Keterangan :
    location.hrefuntuk mengalihkan halaman
    window.location.pathnameuntuk mengembalikan nilai lokasi dan nama file pada halaman. Misalnya: /p/about.html
    window.location.searchuntuk mengembalikan nilai querystring pada halaman. Misalanya: ?max-results=8&m=1
  7. Kemudian, Simpan Template. lalu selesai.

Mudah bukan??

Redirect ini penting jika sobat sudah mempunyai banyak visitor, sehingga tidak akan kehilangan banyak saat mengganti nama blog. Kalau bisa sih, tidak perlu mengganti nama blog, tapi kalau sobat benar-benar ingin menggantinya silahkan gunakan cara ini.

Cara ini sudah saya terapkan, silahkan kunjungi https://arfandotid.blogspot.com/ sebelumnya itulah alamat blog saya, namun saya ingin menggantinya dengan nama yang sesuai dengan konten blognya.

Akhir kata…

Oke mungkin cukup sekian untuk pembahasan kita kali ini. Demikianlah artikel tentang Cara mengganti nama blog yang tepat agar tidak kehilangan banyak pengunjung. Sekian, semoga bermanfaat. Salam Blogger.

Komentar