Fitur Terbaik yang Membuat Saya Menggunakan Manjaro Linux

Fitur Terbaik yang Membuat Saya Menggunakan Manjaro Linux

Halo sobat koding, apa kabar? semoga baik. Kali ini saya akan membahas tentang linux, dan ini akan menjadi artikel bahasan linux pertama di blog ini.

Topik untuk artikel kali ini adalah alasan mengapa saat ini saya menggunakan Manjaro Linux sebagai os kedua (Dual OS). Saat ini saya belum berani untuk menghapus windows, karena mungkin OS windows ini masih digunakan untuk kuliah, seperti yang terakhir kali tugas saya yaitu membuat Diagram UML menggunakan aplikasi Entreprise Architect 12.

Selain itu saya juga belum menemukan aplikasi alternatif yang bisa digunakan untuk membuat diagram UML. Sebenarnya memang sudah ada software pada linux yang bisa menjalankan aplikasi windows yaitu wine. Tapi saya lebih memilih untuk dual OS untuk sementara.

Oke kembali ke tema kali ini. Saat ini saya menggunakan Operating System (Sistem Operasi) Linux, nama distronya adalah Manjaro yang Desktop Environmentnya adalah KDE.

Ada beberapa alasan yang saya pertimbangkan saat menggunakan linux Manjaro ini.

1. Alasan Menggunakan Linux

– Lebih Ringan

Ini adalah satu alasan yang pertama kali saya pertimbangkan. Saya sudah menginstall 2 distro linux sebelum saya ganti ke Manjaro KDE. Jadi saat ini saya sudah menginstall linux 3 kali, dan semua linux tersebut ringan digunakan pada laptop saya.

Nah Sebelum saya menginstall linux, saat masih menggunakan Windows 10. Laptop saya lambat dan terlihat berat sejak saat pertama kali dihidupkan, padahal saya sudah menggunakan Processor Intel i5 dan Ram 4 GB.

– Gratis

Yang kedua ini mungkin adalah alasan terkuat kedua setelah alasan sebelumnya yang sudah saya pertimbangkan. Dari Sistem Operasinya sampai Software pada linux, semuanya gratis.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi berbayar pada windows, dan saya menginstall aplikasi alternatifnya pada linux.

Design Grafis
Corel DrawInkscape
Adobe PhotoshopGIMP
Office
Ms. OfficeWPS Office
PDF Reader
Adobe AcrobatOkular
Download Manager
Internet Download ManageruGet
Video Editor
FilmoraKdenlive
ScreenRecorder

Bandicam
Simple Screen Recorder

Nah itulah beberapa aplikasi alternatif yang saya gunakan pada linux. Untuk software gratisan itu sangat berguna untuk saya.

2.  Alasan Menggunakan Linux Distro Manjaro KDE

– Desktop Environtment KDE

Menggunakan Desktop Environment KDE ternyata lebih userfriendly. Sangat mudah untuk digunakan menurut saya dari pada DE lainnya seperti GNOME.

Oh yaa.. sebelumnya saya sudah pernah menginstall Ubuntu dan DeepIn linux. Memang saat baru pertama kali menggunakan linux saya menggunakan Ubuntu.

Namun setelah 6 Bulan saya ganti ke Deepin karena tampilan Ubuntu sangat membosankan, begitu juga dengan DeepIn. Yang akhirnya saya berganti ke Manjaro KDE, yang fiturnya lebih lengkap.

Mungkin nanti akan saya buat artikel terpisah saja untuk membahas tentang Desktop Environment KDE ini.

– Turunan dari (berdasarkan) Arch Linux

Saya memilih Desktop Environment terlebih dahulu sebelum memilih Distronya.

Sebelumnya saya pernah menginginkan Ubuntu KDE, namun setelah saya mencari info tentang Manjaro, akhirnya saya lebih memilih Manjaro.

Alasan terkuat adalah Manjaro ternyata karena manjaro ini dibuat berdasarkan Arch Linux, jadi kita bisa menginstall package dari AUR(Arch User Repository) ke Manjaro kita.

Pada AUR terdapat banyak sekali package yang dapat kita install, dan yang pasti gratis. Cara menginstallnya pun cukup mudah, kita hanya perlu meng-clone repositorynya kemudian kita make package nya. Kunjungi link berikut ini untuk info lebih lanjut.

– KDE Connect

Ini salah satu fitur di KDE yang paling saya sukai. Dengan KDE Connect kita bisa menggunakan Android kita menjadi mouse atau keyboard. Dan juga kita bisa mentransfer antara kedua perangkat dengan mudah.

– Kemudahan Mengatur Kernel

Kita bisa mengganti kernel langsung dengan GUI yang bisa kita buka pada Manjaro Setting Manajer.

Pada aplikasi ini kita bisa menginstall, menghapus dan menggunakan kernel yang ingin kita gunakan.

– Install Software Lebih Mudah

Untuk update lebih mudah dengan menggunakan Octopi, disana kita bisa menginstal berbagai macam Package. Dan kita bisa menginstal package AUR secara langsung.

Selain dapat menginstall, kita juga bisa menghapus package langsung pada Octopi.

– Update Software

Begitu juga dengan update softwarenya, ini lebih mudah dengan hanya dengan mengetikkan command berikut pada terminal.

sudo pacman -Syyu

Dan untuk update package dari AUR kita bisa menggunakan perintah ini.

pacaur -Syyu

Nah itu dia alasan-alasan yang sudah saya pertimbangkan dalam memilih Distro Linux Manjaro KDE. Mungkin cukup seperti itu untuk alasannya, teman-teman harus mencobanya sendiri, biar tahu lebih banyak kelebihan dari Manjaro KDE ini.

Akhir Kata…

Demikianlah artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan ketika kalian ingin menggunakan OS Linux. Terima kasih sudah berkunjung. Jika kalian saat ini pakai distro lain, silahkan kasih tahu kelebihannya ke saya di kolom komentar.

Komentar