Belajar Python 3 : Kode Pembuka Hello World

Kode Pembuka Hello World – Dari lanjutan tutorial Python kemaren, saya akan menjelaskan sedikit tentang cara menulis kode dasar atau kode pembuka dalam apapun termasuk python ini. langsung saja kita bahas bagaimana cara menulis kode python yang benar?.

Kode Pembuka Hello World - Dunia Programming
Kode Pembuka Hello World

Hello World Python

Syntax bahasa Python hampir sama dengan bahasa pemrograman pada umumnya seperti Java atau PHP.

Syntax Dasar

Dibawah ini adalah contoh fungsi Python yang fungsinya digunakan untuk mencetak (Output). Di Python untuk mencetak atau mengeluarkan output cukup gunakan fungsi print() , dimana sesuatu yang akan dicetak harus diletakkan diantara kurung buka dan kurung tutup disertai dengan tanda kutip, bahkan di Python versi 2.x kalian tidak harus menggunakan tanda kurung kurawal, cukup pisahkan dengan spasi.

Jika ingin mencetak tipe data String langsung, Kalian harus memasukanya ke dalam tanda kutip terlebih dahulu.

print("Hello World")

Saat kalian menjalankan script diatas, Anda akan melihat output berupa text Hello World.

Python Case Sensitivity

Python bersifat case sensitif, ini artinya huruf besar dan huruf kecil memiliki perbedaan. Saya beri contoh, jika kalian menggunakan fungsi print dengan huruf kecil print() akan berhasil. Lain hal jika anda menggunakan huruf kapital Print() atau PRINT() , akan muncul pesan error. jadi harus benar-benar diperhatikan ya saat menuliskan kode di python, apalagi penulisannya menggunakan spasi seperti print () pastinya akan muncul pesan error, jadi fahami dengan benar, karena kode ini sensitif sama seperti cewek hmmm. Aturan tersebut berlaku untuk nama variabel ataupun fungsi-fungsi lainnya.

Komentar